Prakata Redaksi

Bismillahirrahmanirrahim.

Wikihadis, Semua Tentang Hadis, bertujuan menebar dan menghidupkan sunnah Nabi secara komprehensif dan proporsional.

Bersama Wikihadis, mari menggali hikmah-hikmah suci baginda Nabi (at-talaqqi), merawat tradisi kenabian (al-wa’yu), dan mengabarkan pesan-pesan kenabian (al-ada’).

Pelajar dan penyampai ajaran Nabi, adalah orang-orang yang senantiasa dijanjikan oleh Allah melalui lisan Nabi Muhammad,

نضر الله امرءا سمع مقالتي فوعاها ثم أداها كما سمع

Allah memberikan kecerahan rahmat bagi orang yang mendengar sabdaku, kemudian mentradisikannya, kemudian menyampaikan dan melaksanakannya , sebagaimana ia mendengarnya.”

Wikihadis berkomitmen untuk berusaha menempuh pribadi Nabi yang damai dan moderat, namun harus berpijak kepada argumen yang kuat dan dapat dipertanggungjawabkan. Sebagaimana disebutkan hadis berikut,

يحمل هذا العلم من كل خلف عدوله. ينفون عنه تحريف الغالين وانتحال المبطلين وتأويل الجاهلين

Ilmu hadis akan dibawa oleh orang moderat pada tiap generasinya. Merekalah yang memelihara ilmu ini dari penyelewengan kaum ekstrem, manipulasi kaum yang tak acuh, serta pemahaman orang tak berilmu” (HR. Al Baihaqi)

Prinsip “Semua Tentang Hadis” sendiri memiliki dua makna, yaitu:

1. Semua yang ada di web ini adalah tentang hadis. Apapun tema kajiannya, dikaji dengan menggunakan hadis dan ilmu hadis sebagai perspektif utamanya. Kajian-kajian yang relevan dengan hadis juga tentunya akan turut meramaikan konten kami.

2. Hemat kami, semua masalah dapat disikapi dengan hadis. Hal ini harus tetap mengedepankan proporsionalitas. Bukan sekedar cocokologi, utak atik gathuk.

Wikihadis menyajikan empat rubrik: Kamus Ilmu Hadis, Kajian Hadis, Penelitian Hadis, dan Tokoh Hadis.

📕 Kamus Ilmu Hadis: berisi artikel tentang istilah, definisi, serta hal dasar lain tentang hadis.

📗Kajian Hadis: Kajian tema dengan pemahaman hadis, disajikan secara aktual dan bersahabat.

📘Penelitian Hadis: Artikel riset hadis terkini dan ulasan karya cendekiawan peneliti hadis, dari kalangan muslim sampai Barat. Memberikan perspektif segar dan terkini tentang dinamika penelitian hadis.

📙Tokoh Hadis: kisah, teladan, biografi, dan hikmah dari sosok yang disebutkan dalam hadis, para perawi, serta para cendekiawan ahli hadis.

Laman ini akan selalu berusaha menjadi lebih baik. Saran dan dukungan dari para pembaca budiman sangat dibutuhkan. Semoga sunnah-sunnah Nabi selalu hidup sesuai dengan proporsinya, menjadi rahmat semesta alam, serta kemanfaatan lagi keberkahan yang kita inginkan.

Harapan kami, Wikihadis dapat hadir memberi sumbangsih berarti dalam dunia hadis dan ilmu hadis.

Pukul 00.00 pada malam pergantian tahun 2017 ke 2018, Wikihadis hadir untuk Anda.

Wallahul muwaffiq ila maa yuhibbuhu wa yardlaah.

Senin, 01 Januari 2018

Redaksi wikihadis.id