Sebelum shalat Jum’at, ada baiknya orang yang sempat melakukan amalan-amalan yang dianjurkan oleh Nabi. Beberapa di antaranya adalah mandi Jum’at, memakai pakaian yang bersih, gosok gigi dan memakai wewangian. Amalan sebelum shalat Jumat dapat kita temui keterangannya di hadis-hadis sahih.

Hal ini sebagaimana disebutkan Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam al Bukhari,

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمُ الجُمُعَةَ، فَلْيَغْتَسِلْ

Dari Abdullah bin Umar radliyallahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah bersabda: “Jika hari Jum’at telah tiba, maka hendaknya ia mandi.”

Imam al Qasthalani dalam Syarh Irsyadus Sari ‘ala Shahih al Bukhari menyebutkan bahwa meski hadis tersebut memiliki kesan perintah yang mewajibkan, namun dengan memahami hadis-hadis kesunnah hari Jum’at yang lain, maka makna perintah mandi di hari Jum’at itu adalah suatu anjuran Nabi, seihngga tidak wajib.

Hadis berikut ini menjelaskan perihal pemahaman itu. Nah, selain mandi, apa lagi yang dianjurkan menyambut shalat Jum’at? Mari baca hadis berikut,

عن أَبِي سَعِيدٍ قَالَ: أَشْهَدُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: الغُسْلُ يَوْمَ الجُمُعَةِ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُحْتَلِمٍ، وَأَنْ يَسْتَنَّ، وَأَنْ يَمَسَّ طِيبًا إِنْ وَجَدَ

Dari Abu Said al Khudri ra. berkata: aku bersaksi bahwa Rasulullah Saw. bersabda: Mandi di hari Jum’at itu wajib bagi setiap orang yang ihtilam (mimpi basah), dan hendaknya juga menggosok gigi, dan menggunakan minyak wangi jika ada.

Dapat kita pahami karena hari Jum’at itu istimewa dan juga ada ibadah shalat Jum’at di hari tersebut, hendaknya kita mempersiapkan diri dengan baik jika sempat. Ketika berinteraksi dengan sesama muslim di masjid, selain untuk menunaikan shalat Jum’at, kita juga akan berjumpa dengan banyak orang. Tentu penampilan yang baik akan lebih sedap dipandang. Wallahu a’lam.

Baca Yuk:  Sejarah Istilah Hadis
No more articles